Pria Terima Restorative Justice, Dimaafkan dan Bebas dari Hukuman


Jakarta: Viral video pria menerima restorative justice dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Cimahi, Jawa Barat. Pria tersebut bernama Agus Mustopa, 28. 
 
Kisahnya menjadi viral lantaran diunggah akun resmi Kejaksaan Republik Indonesia. Video itu viral di TikTok yang telah ditonton 13,1 juta kali serta viral di Instagram yang telah diputar 236 ribu kali. 
 
"Restorative Justice di Kejaksaan Negeri Cimahi, tetap kuat ibu semoga diberi kesehatan dan kebahagian selalu," dikutip dari Instagram resmi @Kejaksaan_RI, Jumat, 28 Januari 2022. 
Agus menggunakan pakaian tahanan berwarna oranye menggunakan masker berwarna putih. Agus diketahui mencuri sepeda motor demi menghidupi ibunya di rumah. 
Kemudian, Agus tampak meneteskan air mata ketika dimaafkan oleh korban. Dia mendapatkan penghentian tuntutan melalui restorative justice. 
"Jaksa menghentikan penuntutan terhadap Agus. Disaksikan langsung di depan ibunya sendiri," dikutip dari video. 
Setelah mendapat restorative justice, Agus melepaskan pakaian tahanan tersebut dibantu oleh petugas. Agus kemudian langsung bersujud dan meminta maaf kepada sang ibu. 
 
Dia berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya kembali. Sang ibu terlihat mengelus rambut Agus. Kini Agus telah bebas dan bisa menjaga ibunya di rumah. 
 
Dalam kesempatan itu pula, Jaksa Agung ST Burhanuddin hadir menyaksikan penghentian penuntutan berdasarkan restorative justice di Kejari Cimahi. Tampak Jaksa Agung juga terlihat menahan tangis. 
 

Netizen: ini baru keadilan

Video tersebut mendapat beragam komentar dari netizen. Tak sedikit yang bersyukur atas keadilan yang diberikan Kejaksaan kepada Agus. 
 
"Terima kasih kejaksaan, sudah memberikan keadilan. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan juga. Amin," tulis @njan13_. 
 
"Nahh restorative justice itu memang harus diterapkan karena dimaafkan itu lebih bisa mengubah diri seseorang daripada hukuman di jeruji," tulis @m_alvin_str. 
 
"Ini baru keadilan. Semoga lebih banyak lagi jaksa yang mengedepankan restorative justice untuk perkara semacam ini," tulis @muhammadalimuzakkiy. 
 
"Hukum akan kuat kalau dipimpin sama orang yang benar. Salut buat korban dan para hakim yang baik hati," tulis @bang_zul. 
 
"Semoga keadilan di Indonesia bisa semakin ditegakkan ya. Amin," tulis @Dasiguchidesu.